Breaking News

Pengalaman Pertamaku Mengikuti PMM



ANABERITA.COM, Saya Vania Rei Syifa. Saya biasa dipanggil Vania. Saya berasal dari Program Studi Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Public Relation, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Pada saat ini, saya aktif sebagai mahasiswa semester lima. 

Saya adalah pribadi yang antusias dan memiliki motivasi tinggi. Memiliki keahlian dalam Content Writing dan Public Speaking. Selain itu, saya aktif sebagai aktivis dan narasumber. 

Saya merupakan salah satu peserta yang mewakili Universitas Andalas pada salah satu progam Kampus Merdeka yaitu PMM2 ( Pertukaran Mahasiswa Merdeka ) Telkom University Tahun 2022. 

Progam ini berjalan selama empat bulan dari bulan September 2022 hingga Januari 2023 mendatang.

Beberapa prestasi dan penghargaan yang pernah saya raih yaitu antara lain:

Awardee Penerima Sebanyak 30+ Beasiswa.
Speaker atau Pembicara Sebanyak 25+ Tingkat Nasional.
Juara 1 Lomba OSN (Olimpiade Sains Nasional) Mata Pelajaran Biologi di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019.
Penerima Beasiswa KIP-K (Kartu Indonesia Pintar - Perguruan Tinggi) Penerima Beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2020

Peserta menuliskan pendapatnya di website bem.unand.ac.id dengan judul “Plus Minus Sekolah Offline Januari 2021” pada tanggal 4 Desember 2020.

Delegasi Negara Palestina pada United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) Global Millennial Model United Nations 3.0 yang diselenggarakan pada 16-17 Januari 2021.

Juara 2 Lomba Esai Aksi Teman Desa 2021.
Juara 1 Lomba Cerpen Nasional dalam rangka HUT ke-1 Sahabat Azay Tahun 2021.
Salman Scholar: Apresiasi Weekly Connect to Vania Rei Syifa, SSC 29, Ilmu Komunikasi UNAND '20.
Peserta Peringkat Harapan 2 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi ( PILMAPRES ) Tingkat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas tahun 2022
Anggota Rabbani FKI School (Forum Kajian Islam) Rabbani Universitas Andalas Bidang Magang Wirausaha Tahun 2020
Anggota Cendekia Untuk Sumatera Batch 3.0 Bidang Pemberdayaan dan Pembangunan Tahun 2021

Promotor Village Influencer Indonesia atas dedikasinya telah mensukseskan acara Indonesian Village Influencer pada Hari Transmigrasi 12 Desember 2020 bersama ratusan relawan lainnya dari seluruh Indonesia sebagai upaya menuju Indonesia Maju 2045.

Sebagai MENTOR Village Friends Action 2020 oleh Indonesia Millenial Connect.

Anggota FKI (Forum Kajian Islam) Universitas Rabbani Andalas Bidang Hujan (Humas dan Jaringan) 2021

Rangkaian Kegiatan PMM2 ( Pertukaran Mahasiswa Merdeka ) Telkom University Bulan Pertama Tahun 2022 yaitu antara lain :

Pada hari Sabtu, 24 September 2022, kami melakukan kegiatan pengenalan atau orientasi kampus Telkom University baik itu dari lokasi jarak antar fakultas, fasilitas kampus, asrama, sejarah kampus, pengenalan dosen, IGacias, LMS, serta lokasi tempat yang menyediakan makanan yang sehat dan murah di sekitar kampus Telkom University.

Pada hari Selasa , 4 Oktober 2022, kami melakukan kegiatan Tour Asia Afrika di kota Bandung. Kami mengunjungi ke beberapa tempat bersejarah seperti Braga, Pasar Baru, Monumen Asia Afrika. 

Selain itu, kami juga mempelajari sejarah dari kota Bandung pada era penjajahan bangsa Eropa, terbukti terdapat beberapa bangunan kuno bergaya khas Eropa yang ditemukan.

Pada hari Selasa, 27 September 2022, kami mengikuti TalkHow yang dipandu oleh Dosen MBKM 02 Wiranata Kusuma, Bapak Achmad Rizal. 

Di dalam kegiatan ini kami diberikan konseling mengenai mengenali kepribadian diri sendiri dengan metode SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat).

Pada hari Selasa, 4 Oktober 2022, kami melakukan kegiatan Seni Musik Sunda. Alat musik yang kami pelajari ialah Suling Sunda. Kami mempelajari bagaimana memainkan nada dasar pada alat musik tersebut dengan penggiat seni di kota Bandung.

Pada hari Jumat, 7 Oktober 2022, kami melakukan kegiatan Motivasi atau Apresiasi Pusi bersama Windhihati Kurnia. Beliau merupakan salah tokoh penulis puisi yang sudah banyak menerbitkan banyak buku. 

Kami mempelajari bagaimana sejarah puisi dan bagaimana cara menulis puisi yang bagus. Selain itu, saya merupakan salah peserta PMM yang ikut mencoba membacakan puisi karya sendiri bertemakan Kota Bandung.

Pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022, kami melakukan kegiatan Jambore On Air yang dilaksanakan di Gugus Depan Pramuka Telkom University. 

Di dalam kegiatan ini saya terpilih ke dalam kelompok Jota Joti secara online melalui website dan juga aplikasi game online, Roblox bersama para siswa peserta Jambore Kabupaten Bandung. Selain itu, kami juga turut berkomunikasi lintas negara dengan pramuka Malaysia pada saat itu.

Pada hari Kamis, 13 Oktober 2022, kami melakukan kegiatan Literacy Event. Acara ini merupakan acara yang diciptakan oleh Open Library Telkom University dalam memfasilitasi mahasiswa mengikuti beberapa wokshop mengenai publikasi, konten, komunikasi, informasi. 

Saya memilih salah satu workshop dengan tema Content Creator melalui sosial media yang dipandu oleh Riogarlio. Beliau merupakan salah satu influencer ternama di Indonesia sekaligus alumni dari Telkom University.

Pada hari Selasa, 18 Oktober 2022, kami melakukan kegiatan budaya Silat Sunda. Di dalam kegiatan ini, kami mempelajari mengenai sejarah silat Sunda, macam-macam gerakan silat sunda,pertandingannya.

Pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022, kami bersama dosen Modul Nusantara berencana untuk melakukan kunjungan ke salah satu situs alam bersejarah di Jawa Barat yaitu Gunung Puntang.

Rangkaian Kegiatan PMM2 ( Pertukaran Mahasiswa Merdeka ) Telkom University Bulan Kedua yaitu antara lain:

Pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022, kami bersama dosen Modul Nusantara telah melakukan kunjungan ke salah satu alam bersejarah di Jawa Barat yaitu Gunung Puntang. Kegiatan yang kami lakukan yaitu kegiatan berkemah bersama untuk menjalin kerjasama dan kekompakkan antar seluruh peserta PMM2 Telkom University.

Pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022, kami melakukan kegiatan Permainan Kebhinekaan. Di dalam kegiatan, kami melakukan tantangan untuk saling mengenal nama lengkap seluruh peserta PMM2 Telkom University. Selain itu, bagi nantinya kalah, diberikan hukuman untuk menyanyikan lagu daerah masing – masing provinsinya

Pada hari Minggu, 23 Oktober 2022, kami melakukan kegiatan Sosialisasi Sejarah Telekomunikasi di Gunung Puntang. Di dalam kegiatan ini, saya mendapatkan ilmu mengenai sejarah Gunung Puntang serta Stasiun Radio Malabar pada zaman penjajahan Belanda di Indonesa

Pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022, kami melakukan kegiatan Refleksi Kegitan Bulan Pertama Modul Nusantara bersama dosen Modul Nusantara, Bapak Achmad Rizal. Di dalam kegiatan ini, kami melakukan kegiatan evaluasi mengenai progam kegiatan yang sudah dilakukan selama satu bulan mengikuti progam PMM2 Telkom University.

Pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022, kami melakukan kegiatan Reportase Kebhinekaan. Di dalam kegiatan ini, kami diberikan tugas secara pribadi maupun tugas kelompok. Pertama, tugas pribadi, kami diberikan tantangan untuk mendata sebanyak 34 nama lengkap, NIM, dan asal provinsi dari mahasiswa Telkom University. 

Kedua, tugas berkelompok, kami diberikan tantangan untuk membuat video wawancara mengenai kesan pesan selama menjadi mahasiswa kepada setiap mahasiswa Telkom University.

Pada hari Selasa, 25 Oktober 2022, kami melakukan kegiatan seminar dan tanya jawab mengenai Adaptasi dan Manajemen Waktu. Kegiatan ini dipandu oleh Wijanarko Dwi Utomo, S. Psi, AFA. Beliau merupakan seorang ahli Sumber Daya Manusia di PT. Maha Nagari Nusantara, Bandung, Indonesia. Di dalam kegiatan ini, kami mendapatkan ilmu mengenai cara mengatur waktu yang baik bagi mahasiswa.

Pada hari Minggu, 6 November 2022, kami melakukan kegiatan masak bersama mengenai Masakan Nusantara. Di dalam kegiatan ini, kami diberikan tantangan secara berkelompok untuk membuat makanan atau minuman tradisional dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia serta membuat video pendek mengenai proses pembuatan masakan tersebut. 

Saya terpilih ke dalam kelompok masakan tradisional asal provinsi Sumatera Barat yaitu Sala Lauak. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang disangrai, kemudian diaduk bersama bumbu seperti kunyit, cabai, dan serai. Lalu, adonannya dibentuk bulat dan digoreng dengan api sedang.

Pada hari Selasa, 1 November 2022 kami melakukan kegiatan seminar dan tanya jawab mengenai Foreign Language and Cross Culture. Kegiatan ini dipandu oleh Dr. Eng Asril Pramutadi Andi Mustari, S. Si, M. Eng. 

Beliau merupakan seorang dosen muda di ITB ( Institut Teknologi Bandung ) pada bidang ilmu Fisika Murni. Di dalam kegiatan ini, kami mendapatkan ilmu mengenai cara menghadapi gegar budaya di luar negeri serta persiapan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri khususnya, di negeri sakura, Jepang.

Pada hari Selasa, 8 November 2022, kami melakukan kegiatan Menonton dan Diskusi Film Kebhinekaan. Kegiatan ini dipandu oleh Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi Telkom University, yaitu Dr. Idola Perdini Putri. Judul film dokumenter yang kami teliti berjudul Incang Inceng. 

Film ini menceritakan kisah perjuangan sebuah kelompok sepak bola yang terdiri dari lima anggota anak remaja yang di antara mereka, memiliki kebudayaan da nasal provinsi yang berbeda. Di dalam kegiatan ini, kami mendapatkan ilmu mengenai perpektif simbol budaya pada film ini.

Pada hari Sabtu, 12 November 2022, kami melakukan kunjungan ke tiga tempat wisata bersejarah di Ciwedey, Bandung, Jawa Barat. Tempat – tempat yang kami kunjungi yaitu Kawah Putih, Situ Patenggang, dan Ranca Upas. 

Tempat pertama, Kawah Putih, kami menjumpai tempat wisata alam berupa kawah belarang yang asri dan menyejukkan. Tempat kedua, Situ Patenggang, kami menjumpai tempat wisata alam berupa danau alami yang dimana pernah dijadikan sebagai salah satu lokasi film Indonesia yang berjudul My Heart . 

Tempat ketiga, Ranca Upas, kami menjumpai tempat wisata alam berupa tempat penangkaran hewan liar yaitu rusa.

Pada hari Kamis, 17 November 2022, kami bersama dosen Modul Nusantara berencana untuk melakukan kunjungan ke Bandung Techo Park mendatang.

Pada hari Sabtu, 19 November 2022, kami bersama dosen Modul Nusantara berencana untuk melakukan kunjungan ke salah satu situs bersejarah di Jawa Barat yaitu Dayeuh Kolot dan Monumen Moch. Toha mendatang.

Rangkaian Kegiatan PMM2 ( Pertukaran Mahasiswa Merdeka ) Telkom University Bulan Ketiga yaitu antara lain:

Pada hari Kamis, 17 November 2022, kami bersama dosen Modul Nusantara telah melakukan kunjungan ke Bandung Techno Park Universitas Telkom. Kegiatan yang kami lakukan yaitu kegiatan eksplorasi perkembangan teknologi dan komunikasi di lingkungan Telkom University. 

Selain itu, di dalam kegiatan ini, kami juga diberikan pelatihan mengenai penerapan social entrepreneur yang diterapkan oleh kampus yaitu berupa progam inkubasi bisnis start-up yang pada saat ini mulai dikembangkan di Indonesia.

Pada hari Sabtu, 19 November 2022, kami bersama dosen Modul Nusantara telah melakukan kunjungan ke salah satu situs wisata bersejarah di Jawa Barat yaitu makam leluhur Bupati Bandung dan Monumen Mohammad Toha. 

Situs ini terletak di daerah Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung. Selain itu, kami juga diberikan beberapa pengetahuan dari sejarah Kerajaan Bandung serta Bandung Lautan Api oleh dosen modul nusantara 02 Wiranata Kusuma, Bapak Achmad Rizal, penjaga makan leluhur Bupati Bandung, serta beberapa bukti sejarah berupa daftar nama pahlawan yang gugur dalam peristiwa Bandung Lautan Api.

Pada hari Jumat, 25 November 2022, kami melakukan kegiatan seminar dan tanya jawab mengenai Bagaimana Menjadi Wirausaha. Kegiatan ini dipandu oleh Iman Achmad. Beliau merupakan seorang ahli startup. 

Beberapa starup yang pernah ia dirikan yaitu seperti DKantin, Ruang Bimbingan, Tetamart, Mengjasa, Rumah Startup Indonesia, Kedan Belanja, Coachingyuk, dan Akadpay. Di dalam kegiatan ini, kami mendapatkan ilmu mengenai lima alasan utama membangun bisnis, cara membangun mental entrepreneur, serta cara membangun bisnis sendiri. 

Kesan spesifik saya dengan kegiatan Seminar Bagaimana Menjadi Wirausaha yaitu saya mendapatkan motivasi serta pengetahuan baru lebih dalam mengenai bisnis startup yang dimana bisnis ini sangat menarik untuk dikembangkan karena kita tidak harus mempersiapkan modal usaha yang terlalu besar.

Pada hari Selasa, 29 November 2022, kami melakukan kunjungan acara Telkom University Anniversary yang diadakan di Telkom University Convention Hall. Kegiatan ini bukan merupakan salah satu progam Modul Nusantara. Namun, kegiatan ini sangat mendukung bagi saya untuk perkembangan skill selama menjadi mahasiswa. 

Acara ini terdiri dari empat acara yaitu antara lain Market Day, Digital Talent and Innovation, Innovation Product Launching, dan Telkom University Anniversary Night. Selain itu, saya mendapatkan beberapa ilmu pengetahuan mengenai informasi kegiatan Kampus Merdeka dan LPDP dari pakarnya. Kesan spesifik saya dengan kegiatan Telkom University Anniversary yaitu saya mendapatkan informasi serta persyaratan lebih mendalam mengenai persiapan seleksi dari berbagai jenis progam Kampus Merdeka seperti IISMA, Magang Merdeka, Bangkit Academy, dan lain - lain. Selain itu, saya juga mendapatkan strategi lulus beasiswa LPDP untuk jenjang pendidikan S2 maupun S3 di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pada hari Selasa, 6 Desember 2022, kami melakukan kegiatan perkuliahan tatap muka ke kampus. Tepatnya, di gedung Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University. Kegiatan ini bukan merupakan salah satu progam Modul Nusantara. namun, kegiatan ini sangat mendukung bagi saya untuk perkembangan skill selama menjadi mahasiswa. 

Kegiatan ini dipandu ole dosen pengampu mata kuliah Komunikasi Siber Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, yaitu Ibu Choiria Anggraini, S.I.Kom., M.I.Kom. Di dalam kegiatan ini, saya mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai Integrated CSR Communication. 

Selain itu, kami juga mendapatkan pengalaman beliau sebagai seorang praktisi Public Relation dalam menghadapi contoh kasus penerapan dari Integrated CSR Communication. Kesan spesifik saya dengan kegiatan Perkuliahan Komunikasi Siber Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yaitu saya mendapatkan bagaimana strategi Public Relation lebih mendalam mengenai permasalahan perusahaan dengan penerapan Integrated CSR Communication yang tepat.

Pada hari Senin, 12 Desember 2022, kami melakukan diskusi kelompok mengenai persiapan progam konstribusi sosial. Progam Konstribusi Sosial yang akan kami rencanakan yaitu Progam Donor Darah yang akan dilakukan pada tanggal perkiraan 24 Desember 2022. 

Progan ini direncankan akan bekerja sama dengan PMI Kota Bandung dan KSR Telkom University. Di dalam diskusi ini, kami telah melakukan pembagian kerja kelompok. Saya ditunjuk ke dalam tanggung jawab dalam survei tamu undangan, press release, serta running man di dalam progam donor darah ini.

Progam PMM2 ( Pertukaran Mahasiswa Merdeka ) merupakan salah satu momen paling berharga bagi saya. Hal ini dikarenakan saya mendapatkan beberapa pengalaman berharga khususnya dalam bidang pertukaran pelajar. 

Beberapa manfaat yang saya peroleh di dalam kegiatan yang ini seperti jaringan relasi pertemanan dari seluruh Indonesia serta saya banyak mempelajari bagaimana pola komunikasi budaya terutama di provinsi Jawa Barat.


Kesan spesifik saya dengan mengikuti kegiatan PMM2 Telkom University yaitu saya mendapatkan ilmu pengetahuan tidak hanya secara akademik. Tetapi, juga secara non akademik. Saya belajar mengenai banyak hal seperti bagaimana berkomunikasi dengan saling menghargai dan berempati terhadap berbagai perbedaan seperti suku, agama, ras, dan budaya. 

Selain itu, di dalam progam ini, kami didukung penuh baik itu secara akademik, non akademik, finansial, dan emosional dari seorang dosen Modul Nusantara 02 Wiranata Kusuma yang sangat luar biasa, yaitu Bapak Achmad Rizal beserta seluruh civitas akademika Telkom University.

Oleh karena itu, dengan saya mengikuti program ini, dapat menjadikan ini sebagai peluang bagi saya untuk mencoba kembali berbagai peluang di semester mendatang seperti pertukaran pelajar ke luar negeri, magang merdeka, persiapan beasiswa S2 ke luar negeri, persiapan karir, serta membangun bisnis di bidang media dan komunikasi.

Type and hit Enter to search

Close