Breaking News

Anak Marbut Masjid Lolos SNBP Kedokteran UNJA



ANABERITA.COM, Kisah inspiratif datang dari Nurul Mukminin, anak seorang marbut masjid yang lolos Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024. Dia diterima di Universitas Jambi (UNJA) dengan memilih Program Studi Kedokteran di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Gadis 18 tahun calon mahasiswa baru ini juga menjadi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Artinya dia mendapat beasiswa kuliah gratis sampai lulus.Nurul mengatakan, SNBP di Kedokteran UNJA merupakan pilihan utamanya.

"Saya sangat senang dan bersyukur karena saya diberi kemudahan rezeki yang besar. Ini impian saya untuk bisa masuk kedokteran. Saya juga awalnya sedikit tidak menyangka bisa lolos di kedokteran UNJA, apalagi banyak yang bilang saya berasal dari pelosok dan bukan SMA favorit,” ujar Nurul dikutip dari laman UNJA, Jumat (19/7/2024).

Nurul merupakan anak eorang marbut masjid (orang yang menjaga dan mengurus masjid). Kedua orang tua Nurul merasa bangga atas capaian yang diraih anaknya.

“Saya sangat senang dengan pencapaian ini. Saya tidak pernah minder, malahan bangga karena saya hanya seorang anak marbut tetapi bisa masuk Kedokteran karena prestasi. Orang tua saya juga tidak menyangka. Mereka selalu berdoa semoga ini suatu keberkahan untuk hidup saya,” katanya.

Sewaktu SMA, Nurul mengaku selalu mendapat juara kelas secara bertahap dengan nilai yang selalu naik. Dia pernah menjadi juara umum 1 saat kelas XII. Nurul pun aktif dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) selama 2 tahun dan pernah menjadi sekretaris organisasi tersebut.

Selain itu, Nurul pernah mendapatkan juara 2 saat Lomba Debat Bahasa Indonesia se-Kabupaten Sarolangun, dan juara 2 Olimpiade Sains Nasional Bidang Biologi tingkat kabupaten dan provinsi.

Nurul bercerita, menjadi dokter merupakan cita-citanya sejak SD. Walau sempat dia kubur impiannya, namun semangatnya kembali hidup setelah pengumuman SNBP.

Sumber:INews

Type and hit Enter to search

Close