Breaking News

Universitas Pamulang, Kampus Murah tapi Tidak Murahan

 

Rasa-rasanya gak percaya ya di jaman materialistik seperti sekarang, masih ada orang - orang mulia yang ingin meratakan pendidikan tinggi berkulitas dan terjangkau. 

ANABERITA.COM, Dimasa-masa pencarian kampus kemarin, ada satu universitas yang cukup menarik perhatian saya dan Pak Suari karena sepintas seperti too good to be true, yaitu Unpam atau Universitas Pamulang kampus Viktor yang terletak di kawasan Puspitek, Serpong, Tangsel dan terbaru di Kota Serang.

Beberapa kali lewat reels di Instagram saya tentang kampus Unpam Viktor ini dan saya terheran-heran saat tahu biaya kuliah di sini hanya 1.200.000 per semester atau 200 ribu per bulan. 

Tanpa uang gedung, tanpa uang sumbangan apapun. Exactly 1,2 juta saja per semester. Lebih mahal harga jajan kopi kamu gak sih? Heuheu. 

Padahal kampus Viktor ini gedungnya baru, bagus, mewah, ada lift, eskalator, parkiran, kantin dan fasilitas lain yang no play play. Prodi juga ada banyak. Fakultas Teknik, Hukum, Pendidikan Guru, Fisip, Sastra, Komunikasi. 

Mangga cek sendiri di  Instagram mereka atau simply googling kalo mau tahu lebih detil. 

Bahkan di Uni Rank, Unpam ini masih masuk dalam 50 besar universitas terbaik di Indonesia. Menunjukkan bahwa meski murah tapi kampus ini tidak murahan. 

Unpam sendiri sebenarnya ada beberapa kampus, yaitu kampus pusat Winata, Kampus 2 Viktor dan Kampus Serang. Nah, ada prodi atau jurusan apa saja di masing² kampus, saya juga tidak mencari tahu terlalu detil. 

Saya dan Pak Suari sempat consider kampus ini untuk si Aa tapi masalahnya cuma satu : tidak ada prodi DKV, heuheu. 

Saya sempat mencari tahu dan menemukan background story bahwa Pak Darsono (alm), pendiri Unpam, memang punya misi ingin mendirikan kampus tempat kuliah yang terjangkau tapi tetap berkualitas bagi anak-anak negeri ini. 

Beliau prihatin melihat banyak anak lulusan SMA/SMK terpaksa tidak kuliah karena ketiadaan biaya. Unpam berdiri pada tahun 2000 dan saat ini ribuan mahasiswa diterima belajar di sini tiap tahunnya. Saking ramenya, konon tiap jam bubaran kuliah selalu bikin macet di sekitar kampus, heuheu. 

Ada selentingan juga kalau kampus ini sempat ingin dijadikan PTN oleh pemerintah tapi pihak yayasan tidak bersedia. I think it's a wise choice karena kalau sudah jadi PTN nanti tidak murah lagi. Eh.

Rasa-rasanya gak percaya ya di jaman materialistik seperti sekarang, masih ada orang - orang mulia yang ingin meratakan pendidikan tinggi berkulitas dan terjangkau. Berkah selalu untuk Almarhum Pak Darsono dan segenap jajaran penerus beliau. Insya Allah jadi amal jariyah untuk beliau di alam kubur.

Semoga info ini bermanfaat ya. Siapa tahu ada teman- teman yang ingin kuliah dengan biaya terbatas, bisa coba ke Unpam. Saya jujur juga baru tahu tentang kampus ini. 

Penulis | Dwi Sugiarti
Editor | Karnoto

Type and hit Enter to search

Close