Breaking News

Ratusan Calon Mahasiswa Baru UGM Mengikuti Uji Keterampilan Olahraga dan Seni



ANABERITA.COM, Sebanyak 196 calon mahasiswa yang lulus seleksi administrasi jalur Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi  (PBUB) bidang olahraga dan seni mengikuti tes keterampilan di GOR Pancasila dan beberapa lokasi di Kampus UGM, Rabu (3/7).

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M.Hum., DEA. mengatakan dari 196 mahasiswa yang mengikuti uji keterampilan, terdiri dari 134 orang mengikuti PBUB bidang olahraga dan 62 mengikuti PBUB bidang seni. “Semuanya merupakan hasil seleksi dari lebih dari 1.500 orang pendaftar,” kata Wening.

Wening menerangkan bahwa untuk tahun ini semua calon mahasiswa bisa mendaftar di semua cabang olahraga, tidak hanya pada cabang olahraga yang ada di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UGM. “Hampir semua cabang olahraga diujikan jika ada yang mendaftar. Seperti tahun kemarin, kita buka juga cabang olahraga e-sport namun tidak ada yang mendaftar,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Wening menegaskan UGM menyambut baik antusiasme calon mahasiswa yang mendaftar di jalur PBUB olahraga dan seni. Sebab, mahasiswa yang berprestasi dalam minat dan bakat ini jika diterima kuliah di UGM diharapkan mampu menularkan semangat berolahraga dan rutinitas menjaga pola hidup sehat terhadap rekannya di kampus.

“Kita tengah mempromosikan kampus sehat, adanya mahasiswa dengan potensi olahraga dan seni ini sangat bagus untuk mendorong dinamika di kampus, menghidupkan suasana  yang nyaman, aman dan menyenangkan fakultas. Jadi dinamika di kampus, tidak hanya belajar, tapi lingkungan yang kondusif untuk berolahraga dan menjaga pola hidup sehat,” ujarnya.

Dikatakan Wening, umumnya seseorang yang rutin berolahraga akan mengeluarkan hormon endorfin dan serotonin yang menciptakan suasana hati yang senang dan bahagia.  “Biasanya mereka suka berolahraga dan seni memiliki hormon bahagia, kita ingin kehadiran mereka membentuk komunitas yang nyaman di kampus,“ katanya.

Direktur Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (DPP) UGM Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, Ph.D., menuturkan para mahasiswa yang mengikuti ujian keterampilan ditempatkan di beberapa lokasi seperti di GOR Pancasila, beberapa fakultas, dan lokasi di sekitar gedung pusat UGM.

Gandes menyebutkan beberapa cabang olahraga yang diujikan diantaranya olahraga balap sepeda, hoki, renang, softball, kickboxing, atletik, muangthai, catur, voli, panahan, ice skating, judo, e-sport, bridge, catur, kempo, karate, futsal, dan basket. Calon mahasiswa PBUB akan diuji oleh para penguji yang berpengalaman di bidangnya.

“Mereka yang mengikuti tes keterampilan merupakan yang sudah lolos syarat administrasi. Selain itu sudah divalidasi dan diverifikasi portofolio yang sudah mereka kirim,” katanya.

Salah satu peserta seleksi jalur PBUB Seni penyandang disabilitas netra mengikuti uji keterampilan seni musikalitas dengan menguji  kemampuan olah vokalnya dan menyanyikan dua buah lagu wajib dan lagu bebas.

Gadis lulusan salah satu SMK negeri di DIY ini aku mengaku memilih prodi Ilmu Hukum. Apabila diterima kuliah di Fakultas Hukum, selain bisa mengembangkan bakat bermusiknya, ia juga ingin memberikan kontribusi untuk memberikan advokasi bagi penyandang disabilitas. “Saya ingin memperjuangkan dan mengadvokasi teman disabilitas yang memiliki misi yang sama,” katanya.

Penulis: Gusti Grehenson

Type and hit Enter to search

Close